hafal pancasila belumlah cukup

persoalan nasionalisme adalah persoalan anak bangsa. bukan hanya persoalan para pejabat dan politikus. bagaimana kita mengaku cinta tanah air jika cinta terhadap pasangan saja kerap kali kita berdusta. bukankah cinta segalanya tentang usaha dan kejujuran?

fenomena nasionalisme saat ini adalah gombal!!! bagaimana tidak? kita terlalu bangga memakai produk import, brand clothing lokal yang notabenenya adalah hasil anak negeri kita tak pernah meliriknya, warung warung sepi karna setiap istirahat makan siang kita pergi ke mcdonalds. belum lagi kebijakan pemerintah yang kerap kali menyusahkan rakyatnya.

apa yang terjadi dengan nasionalisme kita? mengalami pasang surut. saya pancasila!! tapi seringkali menebar hasut, memancing konflik horizontal, menjadikan konflik sebagai mata pencaharian, menjadikan sosial media sebagai ladang kebencian

kurang bermanfaat rasanya jika kita teriak semangat nasionalisme tapi kita tidak berbuat apa apa untuk negri ini. berpolitik itu penting, tapi melupakan tujuan awal berpolitik untuk kesejahteraan rakyat itu salah!

 di media sendiri yang seharusnya menjadi fasilitator untuk kita mengkonsumsi berita  berubah menjadi memihak membuat rakyat dibingungkan, lembaga lembaga dan stasiun tv sudah tidak independent lagi, para jurnalis sudah tak memiliki idealismenya, semua berubah berorientasi dengan uang dan kekuasaan. apakah itu cinta? kemana warisan semangat perjuangan negeri ini untuk meraih kemerdekaan? 

kita merdeka tapi merana.

You May Also Like

0 comments