UN hari pertama

Menjelang UN semuanya berubah mulai dari nyokap, temen bahkan pacar gue juga berubah enggak enggak pacar gw gakberubah jadi tuyul atau babi ngepet karna pacar gue emang udah babi, babi cantik. Meskipun harga BBM dan cabe khususnya cabe cabean gakikutan naik tapi orang orang, orang terdekat dalam hidup gue berubah drastis. 


Bermula tadi malem, nyokap gue yang bisa dibilang jarang naik ke atas buat nengokin gue tiba tiba naik gw yang waktu itu lagi ngitungin bulu ketek kaget 'maaf ya anda siapa?' Tentunya gue ngomong didalam hati kalo gamau menjelang UN gue dikutuk jadi pensil 2b 'yan, besok ujian apa?' Nyokap gw tanya 'Bahasa indonesia sama geografi bu emangnya kenapa?' Hening. Nyokap gue jalan ke arah gue gatau kenapa yang dituju itu sofa terus dia duduk, busa sofa gue menipis. kasian dia menampung beban yang sangat berat kasian dia didudukin binatang purbakala bukan, bukan mammoth gw gasejahat itu ngatain nyokap sendiri mammoth. BRONTOSAURUS! Nyokap duduk, dia natap gue, gue tatap dia balik, dia tarik nafas, gue juga tarik nafas 'NGAPAIN KAMU NGIKUT NGIKUTIN IBU!?' Kampret-_-. Nyokap gue berdiri, dia bangun dari sofa tiba tiba jalan, dia pergi nyelonong gitu aja kaya kucing, kucing tujuh keliling ITU PUSING BEGO. Nyokap pergi, Gw nerusin kegiatan gue ngitungin bulu ketek kali ini gangitungin dong tapi nyiumin juga gila baunya itu.... 'Hmmmmmmm mamamia lezatossss' ada kebahagiaan tersendiri dikala jemari jemari gue yang manis habis menyentuh rambut rambut halus sekitar ketek menuju hidung gue harum yang ceile enaknya yang gabisa diungkapkan dengan hanya 114 karakter kata di twitter.

Lagi asik asik belajar tiba tiba nyokap gue dateng lagi kali ini dia gasendirian, dia megang 2 plastik item yang awalnya gw kira bekas muntahan alika, adik misan gue. 'Ini buat kamu, diminum' gak waras entah beban penderitaan apa yang menimpa wanita yang menjadi nyokap gue itu masa iya disuruh minum bekas muntahan orang? Muntahan Laura Basuki sekalipun gue ogah, ogah nolak. 'Itu apa' gw ambil plastik item ragu ragu 'udah minum aja biar kamu pinter, biar besok bisa jawab' sejak kapan muntahan bisa ngebuat otak encer? Ngebuat perut encer pengen cipirit mungkin iya. Gw ambil terus gw liat isinya alhamdulilah ternyata bukan muntahan tapi peralatan tulisss, eh waitttttttt 'tapi kan bu, yang ini gabisa diminum' 'bukan yang itu yan, yang satunya' wih jangan jangan yang satunya beneran muntahan kucing. Gw ambil dan gw tengok ternyata bukan, malah lebih parah yaitu kapsul, kapsul cerebrovit suplemen penambah birahi eh kepintaran tapi masalahnya gue anti sama kapsul melebihi antinya AL ke Farhat Abbas dan nyokap gue tau itu 'tenang aja minumnya make pisang' 'ok' 'pisangnya beli sendiri' 
gasekalian aja buku diblender terus kasih gula biar gue minum pengen pinter kok minum cerebrovit pengen pinter ya belajar! Nyokap turun, ngeliat gw males malesan ngeliatin kapsul nyokap nyeret gw dari atas kaya kambing sama majikannya ya, kambing minum kapsul. Gacuman nyokap semalem pacar ikutan berubah, berubah menjadi orang lain bukan keke yang dulu sukur sukur berubahnya jadi angelina jolie. Cakep. Ini berubahnya ngeselin cukup ngebuat gue dongkol satu hari full.

Tadi pagi temen gue, ardi bukan dia bukan pelaku pencabulan anak dibawah umur atau pelaku pencabulan diatas umur dia hanyalah pria berambut gimbal dengan 2 mata dan 2 lobang hidung tadi pagi dia berubah, gue ngebatin mungkin ini faktor Ujian Nasional gatau kenapa gue sama dia yang biasanya kalo berangkat itu ngaret kalo berangkat itu naik motor beat tadi pagi berangkat pagi buta meskipun masih naik beat sih kira kira jam 6.15 dia udah stay di rumah gue gue yang masih baru bangun dan nungging di kasur sembari mencoba mengumpulkan nyawa kaget, PRETTTTTT sinyal tanda bahaya tubuh gue aktif gw merasakan kehadiran makhluk asing di kamar gue setelah nyawa terkumpul gw tengok ternyata ardi, ardi dengan mata lebam seperti habis ditonjok setan berkelamin ganda. Wah ini orang pasti semaleman begadang belajar atau bahas soal 'begadang semalem lo?' 'Iya' 'belajar?' 'Enggak, nonton yks' gw pura pura mati. Dia nendang nendangin gue suruh gw cepet mandi karna gw ngargain dia jauh jauh dari zimbabwe dateng kerumah naik beat ya gue mandi meskipun ogah ogahan gw tetep mandi dengan mata setengah merem yang ngebuat gw mirip orang cina dagang panci keliling yang kena aids. Selesei mandi gw tanya 'semangat banget lo UN' 'kaga tong kalo dateng pagi siapa tau kita dapet bocoran jawaban' 'oh iya, kali aja' setelah baju dipakein, setelah sarapan di suapin gw berangkat tunggu tunggu gw lupa make sempak, gw naik gw pake sempak dan BERANGKAAAAAAATTTTTTT!!!!

Gw buka bb, gw tengok RU recent update dan gue kaget, gw kaget gw kira sekarang hari jumat karna gatau kenapa seluruh contact BBM gue mendadak alim temen temen gue yang biasanya update bangsat update anjing update bangsat anjing update kebun binatang di RU tiba tiba mendadak alim gatau kesambet setan apa eh setan mah gak alim ya gatau kesambet malaikat apa pokonya ada kali 20 deret nge pm bismillah lah, update Ya Allah bless me right now sampe yang update Ya Tuhan bantulah hambamu mengerjakan soal nanti, semua ada gw sampe kaget gw gapercaya gw coba restart BB gw coba keluarin batre terus gw getok getokin ke helm si ardi terus gw pasang lagi setelah gw lihat sama aja bahkan, bahkan makin parah dan absurd bahkan ada yang update kaya gini 'gw pasti bisa ngerjain soal nanti, gw pasti bisa GW PASTI BISA!!! PASTI BISAAAAAA!!!!' Gw liatnya pen muntah sambil kayang didepan istana presiden INI CUMAN UN WOYYYYYYY KAYA MAU MANJAT EVEREST AJA SIHHHHHH. Gw yakin semenjak UN malaikat malaikat semakin sibuk nyatetan amal baik pelajar pelajar siswa kelas 12.

Sampe disekolah kira kira setengah tuju waktu indonesia tengah ya, karna gw tinggal di bali dan puncak kaenahan terjadi disini kenapa? Karna disana gw bisa liat orang yang setiap harinya disekolah gapernah bersosial sibuk nyari kunci jawaban tanya sana sini, tanya temen, tanya cs, tanya guru, tanya pengawas, tanya rumput yang bergoyang pokonya beda 360 derajat celcius orang yang jarang ngomong jadi bawel yang tadinya jomblo jadi punya pacar yang tadi jelek tambah jelek pokonya beda dari biasanya orang yang setiap harinya gak akrab jadi akrab mungkin karna satu tujuan ya pengen sama sama lulus. Sampe ada satu orang yang bikin gw kesel, dia muter muter kaya piringan ufo belum jadi panik gamenentu kaya cowo dateng bulan tanya tanyain orang yang lewat 'eh lu udah dapet jawaban belum, udah dapet jawaban belum?' Nanya panik banget sampe keluar cairan dari idung kaya orang ayan belum buka puasa sebulan dan begonya setiap orang yang ditanya juga ikutan panik, gamenentu setiap orang yang ditanya jawabnya 'ha?' 'Hah?' Mungkin karna yang nanya ini orangnya ngeselin dan kalo ngomong kaya orang sariawan diseluruh bibir. Absurd. Sampe waktu dia tanya ke gw, pertanyaan yang sama 'eh lu udah dapet jawabban belum zarrrr?' Gw geplak palanya terus gw bilang 'EH GOBLOK SOAL AJA BELUM DI BAGIIN UDAH NANYA JAWABAN!!!! MASUKNYA MASIH SETENGAH JAM LAGI KAMPRETTTTT!!!!!' Gw tereak kenceng entah ludah, air liur, upil, kecoak muncrat dari mulut ke muka die waktu itu. 

Dia pergi, dia balik lagi dia tatap mata gue dan ngomong....

'MAKSUD GUE LO UDAH DAPET KUNCI APA BELOM!?'
'GITU KE NGOMONGNYA JELAS! UDAH, NIH KALO MINTA!'

Dia balik dengan wajah sumringah terpancar di lobang idungnya.

Bel bunyi 3 kali tanda UN bakalan mulai, dan satu pastinya bel sekolah gw bukan lonceng kaya sekolah sekolah di ftv kita bukan sapi ataupun kambing yang masuk kelas di klentengon lonceng. Bel bunyi gw sama temen temen masih diem diluar kelas emang ada peraturannya peserta UN gaboleh masuk ke kelas sebelum pengawasnya masuk jadi kita udah kaya orang miskin nunggu pembagian raskin didepan kantor kelurahan bedanya kita nungguin orang yang tanda kutip enggak kita kenal buat masuk ke kelas kita sendiri. Ada yang berdiri, senderan deket tembok, dengerin lagu, duduk di tangga, nggosip,mikirin negara, mikirin mantan. Banyak. Beberapa detik setelah bel 3 pengawas lewat sebenernya sih cuman 2 tapi berhubung yang satu posturnya segede kingkongus paleojavabalianipus yang berat badannya itu 4 kalinya badan gue jadi gw dan temen temen sepakat ngitung pengawas itu 2, 3 pengawas ini yang bertugas jagain kita, nemenin kita main, kasih makan, dan lemparin tulang bukan, kita bukan anjing. Dia nyuruh kita masuk, kita masuk disusul pengawas pengawas masuk terus ngeliatin kita satu persatu mulai dari ujung depan sampai ujung belakang mulai ujung kanan sampi ujung kiri mulai dari ujung pandang sampai ujung kulon, pengawasnya diem, kita ikutan diem sejenak suasana kelas hening dan didalam keheningan tiba tiba temen gue maju gw kira dia pengen nusukin pengawas gue make kunci motornya ternyata engga pengawas gw yang berbadan gemuk tiba tiba bersuara 'kamu ngapain nak?' Anjir kuda nil bisa ngomong kata gue dalem ati 'Mimpin doa bu' temen gue jawab terus pengawas gue ngangguk waktu ngangguk gw liat lemak lemak disekitar pipinya bergejolak kencang seperti ingin mengatakan sesuatu 'KELUARKAN AKU DARI TUBUH MONSTER INI, KELUARKAN AKU!!! KELUARKAAAAAAANNNN!!!' Berdoa selesei pengawas gue pun bacain peraturan Ujian Nasional sebelum bagiin soal dan lembar kerjanya. 'liat anak anak masih tersegel kan soalnya?' 'Iya ibuuuu' temen temen jawab serempak kaya lomba paduan suara tk bunga sekelurahan. Pengawas gue bagiin soal bego juga bukannya yang laki yang disuruh malah si gembrot,mana si gembrot bagiin soal lama banget entah bahan bakarnya habis atau mesinnya karatan gasampe sampe ke meja gue mungkin gw ngerangkak sama dia jalan masih cepetan gw pengen gw gendong biar cepet bagiinya gw lupa bobotnya 4kali berat badan gue ditambah temen belakang gue jadi gw urungin niat gue buat ngangkat nenek moyang babon itu. Gw mulai bosan nunggu kayanya baca novel harry porter yang setebel kamus bahasa inggris jawa pun masih belum cukup nunggu kelar nganterin soalnya kalo pengawas gw jadi pengantar pizza mungkin dia sudah dipecat tidak terhormat aambil dilemparin pizza sama manajernya. Gue udah absurd kelamaan nungguinnya kalo ada rubik mungkin udah beratus ratus kali gw berhasil susun. 1 hari berlalu eh kelamaan ya? Beberapa menit berlalu gw liat tumpukan lemak berjalan ke arah gue pengen gw gigit tapi takut rabies Eh ternyata si pengawas udqh dateng gw perhatiin dia, gw perhatiin detail, gw zoom mukanya terlihat, terlihat keringat demi keringat mengucur deras dari lehernya pengawas gue nganterin soal udah kaya habis nyedotin tinja satu RT make mulut. mungkin itu resiko orang gemuk dalem ati. Gw bersyukur jadi orang kurus. Terima kasih Tuhan.
'Anak anak coba di cek dulu soalnya kalo ada kesalahan atau LJUNnya cacad bisa dituker ke ibu' 
Udah kaya bazar aja soal dan lembar jawaban itu tiketnya pengawasnya itu ayamnya *eh.
gue periksa soal dan lembar jawaban gw gak ada yang cacad, kurang ataupun basah soal gue sempurna sesempurna lagunya andra and the backpacker gw liat siluet setengah muka gw dikaca sebelah gw perhatiin, gw perhatiin kaya ada yang kurang, ya, gw kurang ganteng gw pengen maju ke si gembrot minta ditukerin muka tapi gw tau yang berlaku hanya nukerin soal dan LJUN aje jadi gw urungin. Gw liatin soal gw nyoba bubat ngerjain eh si kampret disebelah nyolek gue dia biling gini 'ya Allah semoga kuncinya bener semua ya Bismillah' itu kan aneh, dia nyontek tapi baca bismillah sama kaya lo bilang gasuka peterpan tapi ngidolain Ariel. 
Bahasa indonesia ngeselin hampir semuanya soal cerita mulai dari ceritain ani sampek bapaknya budi gw bingung kenqpa bukan berhitung aja soalnya eh gw baru sadar ini kan bukan matematika atau bahasa arab udah gitu satu soal bahasa indonesia panjangnya kaya dari surabaya madura hampir sama kaya satu postingan gue! guilaaaaa puanjangggg bangettttttt! yang bikin soal pasti cewe kata gue dalem ati. Ribet!
Perplajarannya di UN itu 50 soal belum kalo hari biasa harganya naik (emangnya discount bajuu!?) kita dikasih waktu 3 jam buat ngerjain sampe soal itu dikumpul tetapi faktanya kita cumn perlu waktu 40 menit buat ngerjain, ngurek sama ngisi data datanya so waktu sisanya itu banyak bangetttt bamungkin kan gw maju terus minta soal lagi kepengawas? Bahkan bisa lebih cpet dari 45 menit andaikata  ngerjain UN sama ngisi data dan nulis 'saya mengerjakan soal ini dengan jujurnya' kagak diurek iya, seriusan gw mikir persoal 2 menit eh ngureknya 2 menit lewat 2 detik kalo gapake penggaris kalo pake 2 menit 12 detik itu sama kaya lo manasin air 2 jam buat dipake mandi 2 menit coba aja disilang atau dikotakin atau mungkin di titikin aja pasti lebih cepet mungkin dngan merem 20 menit udah kelar fleksibel kan? Iya. 40 menit dan masih ada sisa 2 jam duapuluh menit lagi gakbayang kan lamanya? gw nunggu bel itu lama banget, temen temen gue juga mulai pada absurd ada yang merem tapi gatidur, ada yang tidur tapi gamerem, ada yang gigitin pensil, tiupin LJK (yang ini gw gangerti maksudnya biar apa), smsan, bbman, twitteran, skypean, nyemilin upil, jedotin pala ketembok. Beberqpa menit berlalu Gw ketiduran, bangun bangun Indonesia udah ganti presiden (wih lama banget ye?) dan tiga menit lagi soal sama jawaban bakal diambil sama si pengawas, gw nungguin aja gw liat soal dan lembar jawaban, gw cek in satu persatu...... BBM yang masuk dari hp gue shit cewe gw gakada BBM. Bel bunyi si pengawas yang sedaritadi duduk didepan maju buat ambilin lembar soal dan jawaban di meja meja udah kaya sekertaris pribadi. Gw liatin temen temen disekeliling gue terpancar wajah sumringan dan cerah dari muka mukanya tanda tanda dapet kunci nih kata gue dalem ati. Ya, semoga kuta lulus 100%, AMIN!

You May Also Like

0 comments