Uang dan kebahagiaan

hidup tak melulu soal uang, katanya. namun kenyataanya? sekarang apa apa butuh duit. mau pacaran pake duit, mau cantik pake duit bahkan mau pipis pun sekarang pake duit. gue sendiri gase7 (eh kok jadi alay) kalo ada orang yang bilang 'uang gabisa beli kebahagiaan' rasanya pengen gw lempar duit 10 milyar terus liat dia bakal bahagia apa enggak.

emangsih, banyak uang gak menjamin kita bahagia apa engga tapi itu kan juga berlaku sebaliknya. yakali lu gapunya uang tapi masih bisa nyengar- nyengir ketawa bahagia.
kecuali lu gapunya duit tapi lu anaknya Raja Salman, minta apa aja dikasih.

Jangan pernah bilang uang gabisa beli kebahagiaan! karna gw sendiri pernah ngerasain rasanya bener- bener enggak punya uang.

kejadiannya 3 tahun lalu. waktu gw masih kuliah dijakarta. yap, seperti anak perantauan lainnya, gw dapet duit di setiap awal bulan. ditransfer orang tua lewat atm. karna yang pertama, gamungkin kan mereka dateng sendiri ngasih duitnya kejakarta setiap awal bulan?? dan yang kedua gamungkin juga kan mereka ngirim duitnya pake ekspedisi pengiriman/kartu pos!??? KELAMAAN BEGO.

well waktu itu duit gue bener bener 0 rupiah, duit yang biasanya ada aja di kantong-kantong baju/ celana yang digantung dibalik pintu gw waktu itu gada. tumben. biasanya gw nemu aja ceban atau 20ribuan gitu (inilah pentingnya nyimpen duit di magic pocket!) for emergency. bahkan duit parkir aja gw gapunya. niatnya habis ngambil duit di bank gw bakal bayar parkir pake duit 100ribuan biar abang-abangnya bilang 'oh yaudah mas gausah, gpp'. 

naasnya hari itu semua gaberjalan sesuai rencana. kalo kata luna maya 'terkadang ekspektasi nggak sesuai realita'. Itu bener. Dan gw bukan tipe orang yang punya plan b. ekspektasi gue habis ngambil duit bakalan nonton di bioskop bareng temen- temen malah jadi hampir berantem sama tukang parkir indom*ret. entah kenapa hari itu gw mendadak lupa pin ATM gue sendiri, mungkin karna saking senengnya dapet kiriman uang gw mencet tombol ATMnya kekencengan apa gimana gw gatau.

seharusnya hari itu berjalan sesimpel ini;

masuk indom*ret- menuju ke mesin ATM- masukin kartu ATM- masukin PIN- ambil uangnya- keluar- bayar parkir pake 100ribuan- tukang parkirnya bilang gausah- gw nyengir+ketawa ketawa jahat karna udah ngerasa berhasil ngeprank dan ngebegoin tukang parkirnya.

malah berubah menjadi seperti ini;

masuk indom*ret- menjuju ke mesin ATM- masukin kartu ATM- masukin PIN- salah- masukin PIN lagi- salah lagi- masukin PIN LAGI-  SALAH LAGI- GABISA MASUKIN PIN LAGI- keluar- gabisa bayar parkir- hampir berantem sama tukang parkirnya + malu diliatin orang sekampung- gw nangis dijalan.

GW SALAH MASUKIN PIN, TIGA KALI!!! ORANG SEBODOH APA SALAH MASUKIN PIN TIGA KALI!???  
tiga kata yang cocok buat ngegambarin situasi gue waktu itu.

GUE

BEGO

BANGET

seinget gue kode pin ATM gw adalah ulang tahun mantan gue, dan gatau kenapa waktu itu pas masukin PINnya gw salah, pen gw tereakin ATMnya terus bilang;

'BUKAN GW YANG SALAH BEGO TAPI ELO!' 

tapi gw sadar itu hanyalah sebuah mesin. akhirnya gw urungin.

terus gw masukin lagi tanggal ulang tahun mantan gw dan tetep gabisa. gw jadi mikir apa jangan- jangan tanggal lahirnya berubah???? tapi rasanya gamungkin. akhirnya gw diem, ngupil sebentar (oke, yang ini gapenting) menghela napas. 'jangan- jangan pin ATM gw bukan tanggal lahir mantan gue tapi apa???? tgl lahir gw??' seinget gw enggak, seinget gw, gw gapernah make tanggal lahir gw sendiri sebagai password karna itu terlalu gampang buat dihack, *pengalaman ngehack akun fb temen* terus apaaa???? tanggal lahir bokap? gw gainget, tgl lahir kucing gw? gw gapunya kucing waktu itu, nomer beha???? nomer sepatu??? otak gw terus mencari kemungkinan angka yang benar sebagai kode PIN ATM gw. dan kegelishanan itu berakhir pada gw masukin tgl lahir nyokap gw sendiri. DAN SALAH!

'salah pin telah melampaui batas silahkan ambil atm anda'

just like that, gw gabisa ngambil duit! 

gw ngerasa menjadi orang yang paling sial waktu itu, uang gapunya, gapunya saudara dijakarta, gapunya pacar, gapunya barang untuk dijual. gw sempet berfikir untuk bunuh diri saat itu dengan cara jedotin pala ke mesin atm. Kalopun gw mati seenggaknya bukan karna cinta. Tapi uang. 

Satu hal yang gw tau gapunya duit  ngebuat elu jadi bego dan menderita. mau makan gabisa, mau main gabisa, apalagi mau belanja daleman victoria secret, boro-boro! 

untungnya itu cuman sesaat, setengah hari doang. gw gakebayang kalo gw gapunya duit sampe sekarang. mungkin gw udah jadi gembel dijakarta. Untungnya juga besoknya gw urus kartu ATM gw di bank, DAN BISA! ternyata bener PIN ATM gw adalah tanggal lahir mantan gue. tapi bukan yang itu, YANG SEBELUMNYA. betapa bodohnya gw. seharusnya di kartu atm gw itu, gw tempelin foto mantan gue. Biar gaklupa. Huft.







You May Also Like

0 comments